Selama 70 tahun sudah Indonesia berada dalam masa kemerdekaan. Kemerdekaan Indonesia ini tidak lepas dari perjuangan para pahlawan yang siap mengorbankan segalanya.
Kemerdekaan adalah di saat suatu negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya (ensiklopedia). Kemerdekaan juga memiliki arti di saat seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi.
Seiring masa, banyak terjadi perubahan paradigma dalam memaknai kemerdekaan ini. Mulai tingkah laku para oknum yang melakukan segala sesuatu seenaknya. Korupsi, kolusi dan banyak lagi hal yang terjadi yang sangat erat kaitannya dengan makna kemerdekaan ini.
Hal ini juga sangat kerap terjadi dalam hal Ketenagakerjaan. Pemerintah telah membuat banyak regulasi untuk mengatur permasalahan ketenagakerjaan. Akan tetapi sangat banyak yang bebas tidak menjalankan peraturan tersebut dan melanggar larangan – larangannya. Sangat parah lagi ketika hal tersebut mendapatkan pembiaran dari Pemerintah yang memiliki tanggungjawab untuk memastikan terlaksananya aturan – aturan tersebut dengan melakukan pengawasan dan penyidikan.
Berapa banyak pekerja yang menjadi korban kasus Union Busting sebagai reaksi dari beberapa pengusaha dalam menyikapi kemerdekaan pekerja yang memiliki hak untuk berserikat dan berkumpul?
Berapa banyak pekerja yang tidak merasakan kemerdekaan untuk hidup layak secara sosial dengan mendapatkan upah yang layak sesuai UMK, tidak mendapatkan hak jaminan sosial, jaminan kesehatan, hak cuti/istirahat?
Berapa banyak Pekerja Kontrak dan Pekerja Alih Daya (Outsorching) yang tidak memiliki kepastian status selama bertahun-tahun?

Apakah pekerja sudah merdeka? Saat pekerja diperlakukan sewenang – wenang dengan tidak diberikan haknya sesuai aturan yang telah dibuat oleh pemerintah?
Perjuangan para pahlawan pendahulu kita harus menjadi pelajaran bagi kita sebagai pekerja dalam upaya mendapatkan apa yang menjadi hak kita. Agar pekerja bisa mendapatkan haknya sebagai rakyat yang merdeka, mendapatkan upah yang layak, mendapatkan jaminan sosial, jaminan kesehatan dan hak – hak pekerja lainnya berdasarkan ketentuan aturan ketenagakerjaan yang ada.
Perjuangan memerlukan banyak pengorbanan. Pengorbanan waktu, tenaga, pemikiran dan lainnya. Perjuangan pekerja harus lahir dari kita sendiri dan harus selalu siap dengan segala konsekwensi dari hasil perjuangan kita. Perjuangan pasti menghasilkan sesuatu yang lebih baik, walau terkadang banyak terjadi korban. Berapa banyak pahlawan yang gugur dalam perjuangan meraih kemerdekaan?
Banyak hal yang harus kita fahami dalam perjuangan untuk menjadikan pekerja yang merdeka (mendapatkan hak sesuai ketentuan aturan ketenagakerjaan). Dan salah satu kunci terpenting yang harus kita teladani dari perjuangan para pahlawan kemerdekaan dalam perjuangannya adalah persatuan dan kesatuan. Soliditas dan Solidaritas kita sebagai pekerja adalah kunci dalam setiap perjuangan kita sebagai pekerja. Dan salah satu wadah untuk membangun soliditas dan solidaritas pekerja adalah melalui Serikat Pekerja/Buruh.
Tanpa memanfaatkan hak kita untuk berserikat, tidak mungkin hak/kemerdekaan kita sebagai pekerja dapat diraih.
Semoga semangat 70 tahun Kemerdekaan Indonesia menjadi teladan bagi pekerja untuk terus berjuang meraih hak-haknya sebagai pekerja.
Dapatkan selalu Informasi Pekerja Kota Tasikmalaya melalui layanan sms ke 085222967769 Pin BBM 57E4ED23 – 762FF0F8.

Tinggalkan Balasan