“Kebaikan yang tidak terorganisir akan kalah oleh kejahatan yang terorganisir dengan baik (Ali Bin Abi Thalib)”
Entah faktor kesengajaan dari oknum yang tidak menginginkan pekerja/buruh bersatu atau karena hal yang lain, sehingga berbagai Serikat Pekerja dan Serikat Buruh bermunculan dengan bendera yang bermacam-macam padahal memiliki tujuan yang sama.
Menjawab paradigma tersebut, berbagai Serikat Pekerja/Buruh yang ada di Kota Tasikmalaya mencoba menyamakan presepsi demi memperkuat perjuangan dalam meraih hak-hak normatif pekerja/buruh dan memberikan kontribusi dalam kebijakan ketenagakerjaan di Tasikmalaya.
Diprakarsai oleh 4 (empat) Serikat Pekerja/Buruh yang ada di kota Tasikmalaya yaitu DPC SPSI Kota Tasikmalaya, GOBSI, GSPMII dan FESDIKARI, pada hari Kamis, 16 April 2015 telah disepakati bersama untuk membangun Forum Komunikasi Serikat Buruh/Pekerja Tasikmalaya (Forkom Bupetas).
Tujuan dari pembentukan Forkom Bupetas ini antara lain :
  • Menjalin Komunikasi Dan Koordinasi Antar Serikat Pekerja, Serikat Buruh di Tasikmalaya
  • Menguatkan Perjuangan Permasalahan Kebijakan Ketenagakerjaan di Tingkat Kota
  • Mempermudah Informasi Tentang Perburuhan
  • Mempermudah dalam memberikan dukungan moral terhadap gerekan Pekerja/Buruh
  • Menghimpun, Menyatukan dan mewujudkan solidaritas dan rasa kesetiakawanan Pekerja/Buruh
Demi mencapai tujuan, diperlukan struktur kepengurusan yang sesuai dengan tujuan pencapaian di atas. Sesuai dengan pemrakarsanya posisi tertinggi di forum ini diisi dengan Presidium yang merupakan bentuk akomodir dari semuanya.
Mudah-mudahan Forum Komunikasi Serikat Buruh/Pekerja Tasikmalaya ini mampu mendorong kesadaran pekerja untuk memanfaatkan hak berserikatnya dengan membangun Serikat Pekerja di perusahaannya masing-masing dalam rangka memperkuat perjuangan Pekerja di Tasikmalaya baik dalam optimalisasi pelaksanaan Aturan Ketenagakerjaan maupun dalam kebijakan-kebijakan ketenagakerjaan lokal yang diperlukan demi terciptanya iklim industri yang sehat yaitu terciptanya kondisi ketenagakerjaan yang diharapkan oleh semua pihak baik pemerintah, pengusaha dan pekerja.
“Buruh Bersatu Tak Bisa Dikalahkan”

Tinggalkan Balasan