Mudah- mudahan Artikel ini bermanfaat buat semua. terutama disaat Notebook/ Laptopnya terkena maslah yang berat ampe musti install ulang driver.
Berikut ini daftar resmi tempat untuk donwload driver dari masing-masing produsen.
1) Toshiba
Untuk toshiba,kunjungi halaman ini http://www.csd.toshiba.com/cgi-bin/tais/support/jsp/home.jsp?nav=Download, pilih menu Download dan lanjutkan dengan memilih tipe sesuai dengan yang anda miliki. Jika sudah ketemu klik tombol Go. Tunggu sampai halaman driver anda terbuka. Selanjutnya, pada bagian Refine Search by pilih operating system yang sesuai dengan yang digunakan pada notebook. Terakhir, klik link download pada bagian bawah.

2) HP dan Compaq
Untuk notebook dengan merek Compaq Presario, kunjungi halaman berikut ini http://www.compaq.com/cpq-country/cpq_support.html kemudian masukkan serial number dari notebook. Jika belum tahu berapa serial number dari produk yang anda miliki, bisa mempelajarinya di sini http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/findModel?lc=en&cc=us&dlc=en. Jika sudah memasukkan serial number dari notebook, anda langsung akan menuju halaman download tanpa harus mencarinya satu persatu. Jika secara kebetulan hanya tahu tipe dari notebook tersebut (Misalnya dimintai bantuan oleh teman), anda bisa mencarinya secara manual ke sini http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/findModel? lc=en&cc=us&dlc=en.
3) Acer
Sama seperti yang lain, pergi ke halaman resmi punya Acer di http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers. Pilih produk sesuai dengan kepunyaan anda.
4) Dell
Untuk produk Dell, hampir sama dengan merek HP, masukkan serial number untuk mempercepat proses pencarian. Jika belum tahu serial number dari notebook silahkan lakukan pencarian secara manual dengan cara memilih Select Model. Setelah semua ketemu, pilih operating system dan download driver anda. Link download driver dell di sini http://support.dell.com/support/downloads/index.aspx dan jika ingin mengetahui/mempelajari berapa serial number notebook anda bisa ke sini http://support.dell.com/support/topics/global.aspx/support/kcs/document?c=us&l=en&s=gen&docid=DSN_DAD1AFE6F90145549F7AA300E6671E47&isLegacy=true.
5)Lenovo
Sama seperti sebelumnya, temukan serial number dari notebook anda kemudian masukkan ke halaman ini http://consumersupport.lenovo.com/ot/en/DriversDownLoads/Drivers.html. Jika belum tahu bagaimana cara mengetahui serial number notebook, bisa baca petunjuknya di sini http://consumersupport.lenovo.com/ot/en/htmls/1224740365419.html. Jika anda
belum tahu serial number dari notebook Lenovo, pergi ke halaman driver (Coba lihat link di tas), pilih Brand, Family dan Operating System sesuai dengan yang anda pakai.
6) Asus
Bagi pengguna Asus, jika ingin download driver anda bisa pergi ke halaman ini http://support.asus.com/download/, dan memilih tipe sesuai dengan yang anda miliki. Anda bisa memilih “Model Automatic Detection”, “Model Name Search” atau ‘Select Model Manually”. Jika belum berpengalaman, menggunakan pilihan otomatis adalah pilihan terbaik. Jika anda berpengalaman dengan driver pada notebook, anda bisa menggunakan pilihan lain. Selanjutnya, ikuti panduan dari website Asus sampai anda menemukan link untuk download. Jangan lupa pilih sistem operasi sesuai dengan yang terinstall di notebook anda. Usahakan untuk selalu menggunakan serial number ketika download driver. Selain untuk link download cepat, penggunaan serial number juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek masa garansi dan hal lain yang berkaitan dengan notebook. Yang lebih penting lagi, cara ini juga bisa untuk mengecek apakah notebook tersebut barang asli atau Black Market.

Tinggalkan Balasan